Jumat, 1 Maret 2024

Jarang Diketahui, Ini Fakta Karakteristik Anak Bungsu

Dani Agus
Jumat, 24 November 2023 22:42:00
Ilustrasi. (freepik.com)

Murianews, Kudus – Dalam sebuah keluarga ada yang memiliki lebih dari satu anak. Masing-masing anak ini punya karakteristik yang berbeda karena berbagai faktor.

Untuk anak bungsu atau terakhir, karakteristiknya sering diidentikkan dengan sifat manja dan kekanak-kanakan. Padahal tidak selalu demikian, anak bungsu juga punya segudang kepribadian positif yang belum banyak orang tahu.

Melansir dari Halodoc, Jumat (24/11/2023), beberapa orang percaya bahwa anak bungsu cenderung mendapatkan perhatian lebih atau menjadi lebih dimanja, padahal tidak selalu demikian.

Namun, perlu diingat bahwa setiap individu memiliki karakteristik dan pengalaman yang unik, dan tidak semua anak bungsu mengalami situasi yang sama.

Sifat manja memang telah melekat dalam stigma anak bungsu.Sebab, anak terakhir cenderung mendapatkan perhatian lebih banyak jika dibandingkan kakak-kakaknya.

Meski begitu, masih banyak sifat-sifat positif yang biasanya dimiliki anak bungsu seperti berikut ini:

1. Lebih humoris

Dibandingkan para kakaknya, biasanya anak bungsu lebih memiliki selera humor dan lebih sering tertawa. Penelitian yang dilakukan lembaga riset asal Inggris, YouGov, membuktikan hal ini. Anak bungsu pun umumnya lebih santai dan easy going.

2. Lebih kreatif

Si bungsu sudah terbiasa ditinggalkan karena kesibukan kakak-kakaknya. Kondisi ini membuat anak bontot bisa menghibur diri sendiri, seperti bermain atau menggambar seorang diri.

Kebiasaan ini membuat mereka lebih kreatif. Jadi, tidak dipungkiri jika salah satu karakteristik utama anak bungsu yakni lebih kreatif.

3. Banyak akal

Sejak kecil, anak bontot telah terbiasa melihat seluruh kebiasaan dan selera sang kakak. Hal ini yang  kemudian mendorong dia untuk tampil berbeda. Mereka akan terbiasa mengasah akal untuk dapat mewujudkan apa yang dicita-citakan.

4. Anak istimewa

Karakteristik anak bungsu yang satu ini memang cukup berlebihan, namun bukan lagi rahasia bahwa si bungsu adalah anak yang istimewa. Mereka bisa dengan mudah mendapatkan apa yang diminta entah dari orang tua maupun dari para kakak-kakaknya.

5. Berpotensi sukses

Hal ini karena anak bungsu memiliki kakak yang dapat mengajarkannya soal kegagalan. Dia bisa belajar banyak dari pengalaman orang-orang yang lebih tua di sekitarnya.

Komentar