Jumat, 1 Maret 2024

Ketahui, Ini Penyebab Tenggorokan Sakit saat Menelan

Dani Agus
Selasa, 5 Desember 2023 21:02:00
Ilustrasi tenggorokan sakit saat menelan. (freepik.com)

Murianews, Kudus – Radang tenggorokan hampir pernah dialami setiap orang. Saat terkenda radang tenggorokan ini biasanya bisa mengganggu aktivitas rutin maupun pekerjaan.

Radang tenggorokan ini menyebabkan rasa sakit saat dipakai menelan makanan ataupun minuman. Kondisi inilah yang menyebabkan terganggunya aktivitas.

Namun, perlu diketahui, sakit ketika menelan ternyata selalu disebabkan adanya radang pada tenggorokan. Ada beberapa penyebab lainnya yang bikin tenggorkan sakit saat menelan.

Berikut penyebab tenggorokan sakit saat menelan yang perlu diketahui, dilansir dari Halodoc, Selasa (5/12/2023).

1. Infeksi Bakteri

Penyebab sakit menelan yang pertama adalah disebabkan oleh infeksi bakteri. Hal ini menyebabkan kamu mengalami tenggorokan yang sakit. Ketika terjadi, amandel mengalami bengkak.

Seseorang yang mengalami infeksi bakteri pada tenggorokannya harus mendapat pengobatan antibiotik. Jika tidak segera terobati, kamu bisa mengalami komplikasi serius, seperti kerusakan jantung atau ginjal.

2. Luka pada Tenggorokan

Penyebab lain dari kondisi ini adalah terjadinya luka pada bagian tersebut. Salah satu penyebab sakit menelan ini disebabkan mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas atau terlalu tajam sehingga menimbulkan luka.

Maka dari itu, kamu dapat mencegah gangguan ini terjadi dengan memastikan makanan telah halus saat akan melewati tenggorokan agar tidak menyebabkan luka.

3. Penyakit Asam Lambung

Kamu juga bisa mengalami sakit tenggorokan yang disebabkan oleh penyakit asam lambung. Hal ini umumnya disebabkan gangguan asam lambung yang kronis.

4. Tenggorokan Terlalu Kering

Tenggorokan yang terlalu kering juga dapat membuat tenggorokan terasa sakit saat menelan. Sebab, udara yang kering membuat tenggorokan kamu akan terasa kasar dan gatal sehingga tidak nyaman ketika menelan. Selain itu, bernapas melalui mulut karena hidung tersumbat saat pilek juga bisa menyebabkan tenggorokan kering dan sakit.

5. Infeksi Jamur

Penyebab tenggorokan sakit saat menelan selanjutnya adalah infeksi jamur pada mulut, tenggorokan. Nah, Jamur bisa tumbuh di luar kendali jika kondisi sistem kekebalan tubuh sedang melemah. Kondisi ini umumnya terjadi akibat infeksi jamur Candida.

Selain menyebabkan rasa sakit saat menelan, infeksi jamur pada tenggorokan juga dapat menyebabkan gejala lainnya. Contohnya seperti bercak putih pada lidah, kemerahan pada sudut mulut, hingga penurunan indera pengecap.

Komentar