Jumat, 1 Maret 2024

Ini Obat Alami yang Dapat Melegakan Pernapasan, Coba Saja

Dani Agus
Jumat, 8 Desember 2023 23:11:00
Ilustrasi orang mengalami gangguan pernapasan. (freepik.com)

Murianews, Kudus – Banyak orang pernah mengalami gangguan para pernapasan karena ada masalah pada paru-paru. Banyak faktor yang menyebabkan kondisi ini, mulai dari pola hidup kurang sehat hingga polusi udara.

Adanya masalah pada paru-paru ini dapat memengaruhi kualitas hidup dan mengganggu aktivitas. Sebab, hampir semua penyakit paru-paru mengganggu sistem pernapasan.

Untuk meredakan gangguan pada paru-paru bisa dilakukan dengan minum obat yang diberikan dokter. Namun, bisa juga dengan mengonsumsi obat alami.

Berikut rekomendasi obat alami paru-paru yang dapat digunakan untuk meringankan gejala gangguan pernapasan, dilansir dari Halodoc, Jumat (8/12/2023).

1. Kunyit

Rekomendasi pertama adalah kunyit. Tanaman rempah ini memiliki curcumin sebagai antioksidan yang bekerja aktif untuk menjaga paru-paru tetap sehat. Tak hanya itu, kunyit juga diduga menghambat peradangan di saluran napas jika kamu gunakan pada dosis tertentu.

2. Teh Hijau

Pilihan obat alami paru-paru berikutnya adalah teh hijau. Senyawa Epigallocatechin gallate (EGCG) yang terkandung dalam tanaman herbal ini memiliki manfaat penting untuk paru-paru.

Senyawa tersebut berperan sebagai zat antiradang dan antioksidan, serta membantu menghambat proses perlukaan jaringan organ paru untuk orang-orang dengan fibrosis paru.

3. Jahe

Ada pula jahe yang memang sudah sejak lama orang manfaatkan sebagai obat herbal, terutama untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk gejala gangguan saluran napas.

Rempah ini membantu mengencerkan dahak, meredakan peradangan, dan membantu membuat sirkulasi menuju ke organ paru-paru menjadi lebih lancar.

4. Cabai merah

Ternyata, masih sedikit orang yang mengetahui bahwa cabai merah dapat membantu meringankan rasa nyeri pada dada karena batuk yang tidak kunjung sembuh.

Cara membuatnya tidak sulit. Siapkan sekitar ¼ sendok teh cabai bubuk, bubuk jahe, cuka apel, madu, dan air secukupnya. Campurkan semua bahan tersebut dan kamu dapat langsung mengonsumsinya sebanyak dua sampai tiga kali dalam sehari.

Namun, tetap perhatikan bahwa obat herbal ini tidak selalu bisa dikonsumsi untuk semua orang. Misalnya, anak-anak yang masih berusia kurang dari 1 tahun, karena karena bisa memicu efek samping yang berbahaya.

5. Ginseng

Obat alami paru-paru selanjutnya adalah gingseng. Tanaman herbal ini menjadi salah satu jenis rempah yang banyak orang yakini dapat membantu meringankan gejala masalah penyakit paru obstruktif kronis atau PPOK.

Rempah ini bekerja aktif dengan meningkatkan fungsi organ paru-paru. Dari banyaknya jenis ginseng yang terdapat di alam, ginseng Asia dianggap punya khasiat yang berhubungan dengan kondisi ini.

Adapun gejala PPOK yang perlu kamu perhatikan seperti sesak napas, batuk berdahak, tubuh terasa lemas, terjadi pembengkakan pada bagian pergelangan kaki, dan penurunan berat badan secara drastis tanpa penyebab yang pasti.

6. Madu

Obat paru-paru selanjutnya yaitu madu, yang memiliki khasiat yang sangat baik untuk meredakan berbagai gejala gangguan kesehatan. Berkaitan dengan obat alami paru-paru, madu dapat membantu meringankan batuk kering dan rasa sakit pada bagian dada yang kerap terjadi ketika batuk.

Selain itu, kamu juga sebaiknya tidak merokok dan tetap menjaga pola hidup serta pola makan sehat. Sehingga, kesehatan tubuh tetap terjaga, termasuk paru-paru.

Komentar