Jumat, 1 Maret 2024

Pilihan Buah-buahan untuk Diet Sehat dan Berimbang

Cholis Anwar
Jumat, 24 November 2023 06:35:00
Ilustrasi buah-buahan (Freepik)

Murianews, Kudus – Pola hidup sehat menjadi bagian penting untuk melancarkan program diet secara berkelanjutan. Hal ini juga perlu didukung dengan asupan makanan yang tepat agar upaya diet tidak sia-sia.

Buah-buahan menjadi pilihan yang sangat baik, sebab banyak buah-buahan yang mengandung vitamin, serat, dan nutrisi esensial lainnya.

Sehingga, buah selalu menjadi solusi bagi orang yang menjalankan program diet agar lebih optimal dan proporsional dalam menjalankan programnya.

Melansir dari detik.com, berikut adalah sepuluh buah yang direkomendasikan untuk mendukung program diet sehat:

Apel

Buah rendah kalori (116 kalori per buah besar) dan tinggi serat. Kandungan polifenol dalam apel dapat membantu mencegah penumpukan lemak visceral.

Buah Beri (Raspberry, Blueberry, Stroberi)

Kaya serat dan rendah gula. Stroberi, misalnya, hanya mengandung 46 kalori dan 2,9 gram serat per porsi.

Kiwi

Mengandung vitamin C, vitamin K, folat, dan serat. Sebuah buah kiwi kecil memiliki lebih dari 2 gram serat dan mengandung sekitar 108 kalori.

Melon

Rendah kalori, tinggi air, dan kaya serat, kalium, antioksidan, serta vitamin C. Melon sangat baik untuk mengontrol berat badan.

Jeruk

Rendah kalori, tinggi vitamin C dan serat. Dapat membantu mengurangi rasa lapar dan menyediakan asupan kalori yang rendah.

Pisang

Meskipun mengandung gula dan kalori tinggi, pisang merupakan makanan berkualitas tinggi, padat nutrisi, dan rendah kalori.

Alpukat

Tinggi lemak, namun dapat membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi nafsu makan.

Pepaya

Rendah kalori, kaya serat, dan mengandung enzim yang mendukung pencernaan.

Buah Pir

Tinggi serat, membantu menjaga sistem pencernaan lancar, dan memberikan rasa kenyang.

Lemon

Dengan cukup air, lemon dapat menjadi tambahan segar untuk meningkatkan asupan vitamin C.

Menyertakan berbagai jenis buah dalam pola makan sehari-hari dapat memberikan nutrisi yang beragam dan membantu mencapai tujuan diet dengan cara yang sehat dan lezat.

Tetap konsultasikan pilihan makanan dengan ahli gizi atau dokter untuk mendapatkan rekomendasi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Komentar