Jumat, 1 Maret 2024

Ketahui, Ini Manfaat Mengonsumsi Buah Zaitun bagi Ibu Hamil

Dani Agus
Kamis, 7 September 2023 16:17:00
Buah zaitun (freepik.com)

Murianews, Kudus – Ada banyak perubahan pola hidup yang dilakukan saat perempuan hamil. Salah satunya dengan mengurangi aktivitas yang menguras tenaga dan pikiran.

Hal itu dilakukan demi kesehatan buat ibu hamil dan bayi yang dikandungnya. Meski terkadang cukup berat, namun perubahan pola itu perlu dilakukan.

Selain itu, mengonsumsi makanan sehat dan bergizi juga wajib dilakukan ibu hamil. Kemudian, mengonsumsi buah-buahan diketahui juga sangat disarankan bagi ibu hamil karena banyak sekali manfaatnya.

Ada banyak jenis buah yang baik buat ibu hamil yang bisa menunjang kesehatan serta membantu perkembangan otak bayi dalam kandungan. Salah satunya adalah buah zaitun.

Makan buah zaitun barangkali jarang dilakukan oleh ibu hamil. Kebanyakan, mereka mengonsumsi buah lainnya, seperti pisang, papaya, semangka, mangga, atau jeruk.

Lantas, apa manfaat mengonsumsi buah zaitun buat ibu hamil?

Melansir dari Hellosehat, Kamis (7/9/2023), buah zaitun (olea europaea) adalah buah yang kaya akan nutrisi dan manfaat, termasuk untuk ibu hamil. Buah kecil yang tumbuh di pohon zaitun ini termasuk dalam kelompok buah berbiji atau buah batu. Seperti buah mangga, ceri, persik, almond, dan pistachio.

Buah ini tinggi vitamin E dan antioksidan kuat lainnya. Selain itu, kandungan lemak sehat di dalamnya dapat menghasilkan minyak melalui proses ekstraksi. Cek kandungan gizi dan manfaat buah zaitun untuk kesehatan!

Beberapa buah zaitun yang belum matang berwarna hijau dan berubah menjadi hitam saat matang. Namun, ada juga yang tetap hijau ketika sudah matang. Buah zaitun menyediakan semua vitamin dan mineral penting bagi tubuh ibu hamil.

Selain itu, buah ini juga mengandung banyak vitamin dan mineral di dalamnya. Mulai dari vitamin E, zat besi, tembaga, kalsium, dan sodium. Zaitun juga mengandung banyak senyawa tumbuhan, terutama antioksidan. Beberapa senyawanya adalah oleuropein, hidroksitirosol, tyrosol, asam linoleat, dan quercetin.

Begitu banyaknya kandungan nutrisi di dalam buah zaitun, membuat buah ini bermanfaat baik untuk ibu hamil. Berikut ini beberapa manfaatnya:

1. Memberikan efek antioksidan

Melansir dari jurnal Functional Food, minyak zaitun mengandung banyak antioksidan. Kandungan antioksidan yang terkandung adalah tokoferol, β-karoten, lutein, squalene, fenol lipofilik dan hidrofilik.

Banyaknya kandungan antioksidan mampu mengurangi risiko penyakit berbahaya. Contohnya seperti penyakit jantung, kanker darah, dan lain-lain. Selain meningkatkan sirkulasi darah, buah ini juga memiliki manfaat untuk melindungi perut dari bakteri dan virus berbahaya.

2. Menurunkan risiko diabetes

Diabetes saat hamil dapat menimbulkan efek negatif bagi ibu dan janin. Untungnya, salah satu manfaat buah zaitun adalah menurunkan risiko penyakit ini. Sebab, buah zaitun kaya akan vitamin E. Selain itu, asam oleat dan polifenol di dalamnya membantu menurunkan kemungkinan diabetes tipe 2.

3. Mencegah penyakit kanker

Buah ini kaya akan antioksidan. Dengan begitu, buah ini dapat membantu menurunkan risiko kanker. Meski masih butuh penelitian lebih lanjut, buah ini dapat membantu menurunkan risiko kanker payudara, yang dapat terjadi setelah kehamilan.

4. Memberikan efek probiotik

Agar lebih enak, banyak orang mengolah buah ini menjadi acar. Hal ini membuat buah ini memiliki manfaat probiotik, seperti makanan fermentasi lainnya. Probiotik adalah bakteri baik yang sangat berguna bagi kesehatan pencernaan. Karena ibu hamil rentan mengalami sembelit dan masalah pencernaan lainnya, mengonsumsinya bisa mengatasi hal ini.

5. Mencegah anemia

Buah ini juga mengandung zat besi yang cukup baik. Ketika kebutuhan zat besi pada ibu hamil terpenuhi, maka ibu akan terhindar dari anemia. Ada berbagai risiko yang dapat terjadi ketika ibu hamil mengalami anemia, seperti keguguran, kelahiran prematur, hingga gangguan perkembangan janin.

6. Meningkatkan kekuatan tulang

Beberapa senyawa seperti oleuropein dan hidroksitirosol dalam buah zaitun bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan tulang. Kekuatan tulang yang optimal pada ibu hamil dapat membuat bumil lebih nyaman saat menjalani kehamilan.

Dalam International Journal of Environmental Research and Public Health, tikus yang diberikan minyak zaitun memiliki penyerapan kalsium lebih tinggi. Kondisi ini berkaitan dengan kandungan fenolik dalam zaitun yang cukup tinggi. Senyawa fenolik ini meliputi tirosol, hidroksitirosol, dan oleuropein memberikan efek antioksidan dan antiinflamasi.

Dengan begitu, kandungan tersebut mampu menurunkan risiko terjadinya osteoporosis. Meskipun begitu, masih memerlukan penelitian lebih lanjut pada manusia, khususnya ibu hamil.

7. Menjaga kesehatan kulit

Perubahan pada kulit, seperti kulit kering menjadi hal umum yang kerap terjadi pada ibu hamil. Mengonsumsi buah ini bisa membantu ibu hamil untuk mencegah perubahan kulit menjadi lebih buruk.

Vitamin E pada buah ini mencegah paparan radikal bebas pada kulit menyebabkan kerusakan yang lebih buruk. Selain untuk konsumsi, ibu bisa menggunakan berbagai produk perawatan kulit yang mengandung buah zaitun.

8. Meningkatkan sistem imun tubuh

Mengoptimalkan sistem imun tubuh saat kehamilan menjadi hal penting. Dengan begitu, ibu tidak akan mudah terpapar oleh bakteri dan virus yang memicu berbagai penyakit. Mengonsumsi buah zaitun menjadi salah satu cara yang bisa ibu lakukan untuk menjaga kesehatan tetap optimal.

9. Menjaga kesehatan jantung

Asam linoleat dalam zaitun mampu meningkatkan kesehatan jantung ibu hamil. Kandungan tersebut berfungsi untuk mengatur kadar kolesterol sehingga kesehatan jantung tetap terjaga.

10. Menjaga kesehatan rambut

Ibu hamil kerap mengalami perubahan hormon. Kondisi ini dapat menyebabkan gangguan pada rambut, seperti rambut kering atau bercabang. Penggunaan minyak zaitun sangat membantu untuk membuat kulit menjadi lebih lembap. Kamu bisa gunakan minyak ini sebagai masker rambut secara rutin.

Komentar