Jumat, 1 Maret 2024

Jangan Panik, Ini Pertolongan Pertama Gejala DBD pada Anak

Dani Agus
Selasa, 28 November 2023 21:33:00
Ilustrasi anak demam (freepik.com)

Murianews, Kudus – Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue dan ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegypti.

Penyakit yang sangat rentan dialami di daerah tropis atau subtropis, termasuk Indonesia. Kasus DBD kebanyakan rentan menyerang anak-anak.

Kasus DBD biasanya meningkat pada musim penghujan, seperti saat ini. Pasalnya, saat musim hujan merupakan puncak perkembangan nyamuk.

Jika tidak ditangani dengan tepat, DBD bisa mengancam nyawa. Oleh sebab, orang tua perlu waspada terhadap DBD ini.

Lantas bagaimana jika anak terkena gejala DBD. Jangan panik, lakukan pertolongan pertama berikut ini ketika anak mengalami gejala DBD, dilansir dari Halodoc, Selasa (28/11/2023).

1. Penuhi kebutuhan cairan anak, yaitu dua sampai tiga liter per hari untuk mencegah dehidrasi. Kondisi tersebut bisa memperburuk gejala bahkan mengancam nyawa. Ibu bisa memberikan ASI pada bayi, air putih, susu, jus dan larutan oralit. 

2. Jangan berikan minuman bersoda dan minuman tinggi gula. Soda justru bisa menarik cairan keluar dari tubuh.

3. Beri anak makan banyak buah-buahan, terutama jambu biji merah. Selain bisa meningkatkan trombosit secara tidak langsung, jamu biji merah bisa membantu mencegah dehidrasi.

4. Istirahat total. Anak pasti akan merasa lemah saat gejala DBD terjadi. Selain itu, beristirahat yang cukup bisa membantu pemulihan tubuh anak.

5. Kompres tubuh pada bagian ketiak, kepala, dan selangkangan. Bagian-bagian ini terdapat pembuluh darah besar. Mengompres bagian tersebut bisa mentransfer suhu panas ke handuk kompres.

6. Minum obat penurun panas saat demam.

7. Segera temui dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Komentar