Jumat, 1 Maret 2024

Mau Scaling Gigi? Ini Estimasi Biayanya yang Perlu Diketahui

Dani Agus
Rabu, 6 Desember 2023 21:06:00
Ilustrasi perawatan gigi. (freepik.com)

Murianews, Kudus – Ada beberapa macam tindakan yang dilakukan dalam perawatan gigi. Salah satunya adalah scaling gigi yang bertujuan untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi.

Selama ini, masih banyak yang belum paham dengan tindakan scaling gigi. Terutama, soal biaya scaling gigi yang dirasa cukup mahal.

Perlu diketahui, biaya scaling gigi dapat bervariasi. Hal ini salah satunya berdasarkan dari tempat pelayanan kesehatan yang dipilih untuk scaling gigi.

Melansir dari Halodoc, Rabu (6/12/2023), scaling gigi adalah prosedur pembersihan yang dilakukan oleh dokter gigi untuk menghilangkan plak dan karang gigi yang menumpuk di permukaan gigi dan sekitar gusi.

Plak gigi adalah lapisan lunak yang terdiri dari bakteri dan sisa makanan. Sedangkan karang gigi adalah plak yang telah mengeras dan sulit dihilangkan dengan menyikat gigi biasa.

Scaling dilakukan dengan menggunakan alat khusus untuk membersihkan gigi hingga ke daerah sulkus gingiva (celah gusi). Prosedur ini penting untuk mencegah penyakit gusi, seperti gingivitis dan periodontitis, serta menjaga kesehatan gigi secara umum.

Scaling gigi sebaiknya dilakukan secara teratur, biasanya setiap enam bulan sekali, tergantung pada kondisi kesehatan gigi dan gusi masing-masing individu.

Estimasi Biaya Scaling Gigi

Sebelum menjalani scaling gigi, penting untuk mengetahui estimasi biaya yang mungkin dikeluarkan. Namun, perlu diingat bahwa harga bisa bervariasi tergantung lokasi, jenis pelayanan kesehatan, dan kompleksitas kasus.

Berikut adalah perkiraan biaya scaling gigi di puskesmas, rumah sakit, dan klinik:

1. Puskesmas

Puskesmas seringkali menjadi pilihan masyarakat untuk perawatan kesehatan gigi yang lebih terjangkau. Biaya scaling gigi di puskesmas cenderung lebih rendah dibandingkan dengan tempat lainnya.

Estimasi harga di puskesmas berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 200.000, tergantung pada wilayah dan fasilitas yang disediakan. Namun, biaya ini bisa berbeda-beda tergantung kebijakan masing-masing puskesmas dan daerah.

2. Rumah sakit

Rumah sakit umumnya menyediakan layanan perawatan gigi dengan standar yang lebih tinggi dan dilakukan oleh dokter gigi spesialis. Oleh karena itu, biaya scaling gigi di rumah sakit cenderung lebih tinggi.

Estimasi harga di rumah sakit biasanya berkisar antara Rp 200.000 hingga Rp 800.000 atau lebih, tergantung pada kompleksitas tindakan dan biaya pelayanan tambahan. Biaya ini juga dapat bervariasi tergantung rumah sakit dan kota tempat kamu tinggal.

3. Klinik gigi swasta

Klinik gigi swasta seringkali menawarkan pelayanan yang lebih personal dengan kenyamanan ekstra. Biaya scaling gigi di klinik gigi swasta bisa lebih tinggi dibandingkan dengan puskesmas, namun mungkin lebih terjangkau dibandingkan rumah sakit.

Estimasi harga di klinik gigi swasta berkisar antara Rp 150.000 hingga Rp 500.000 atau lebih, tergantung pada reputasi klinik dan kualitas layanan. Harga dapat berbeda-beda tergantung pada lokasi dan tingkat pengalaman dokter gigi.

Komentar